WIRAUSAHA




“BUSINESS PLAN”



 









DI susun Oleh :
Jajang Suhendri
1317250622


Jurusan Teknik industri tekstil
AKADEMI INDUSTRI TEKSTIL BANDUNG
JL.Pahlawan No.69 Bandung 40134.
tlp (022-259159)




BAB I
PENDAHULUAN


1.1          Latar belakang



Batik
Kewirausahaan merupakan sikap dan perilaku seorang wirausaha dalam membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang itu akan dijual, dan kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melihat kesempatan bisnis.
Dalam hal ini usaha merupakan sebuah kegiatan yang terlibat dalam penjualan dan pembelian, baik itu barang ataupun jasa. Dan dalam menjalankan sebuah bisnis dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung.
                       


1.2          Melakukan sebuah usaha/bisnis

Dalam melakukan sebuah usaha/bisnis perlu dilakukan perencanaan serta rancangan strategi yang akan dijalankan nanti, dalam membuka usaha/bisnis. Agar bisnis ritel dapat berdiri dengan baik dan lancar serta mampu dikendalikan.
Pada kesempatan ini saya berfikir dan berinisiatif untuk membuka dan mendirikan usaha ritel/bisnis ritel bidang fashion.
Mengapa kami memilih fashion…?
Karena menurut kami fashion merupakan kebutuhan primer manusia dalam kehidupannya. Semua manusia membutuhkan pakaian untuk memutup tubuh dan melengkapi keindahan seseorang. Juga untuk mencegah mereka dari dingin dan panasnya udara/suhu disekitar.
Untuk itu mengingat pentingnya berpakaian, saya memilih untuk membuka usaha/bisnis di bidang “Fashion”.



1.3          VISI & MISI

Visi Perusahaan

     Dengan profesionalisme dan keahlian yang di landasi iman dan taqwa,sehingga terwujudnya sumber daya manusia dan keunggulan produk perusahaan yang unggul dan terpercaya dalam pelaksanaan pemasaran dan penjualan. Terwujudnya perusahaan yang mampu memberikan kepuasan dan keunggulan dalam melayani dan memberikan kenyamanan kepada konsumen.

                                                          Misi Perusahaan         

Ó Memberikan kepuasan kepada konsumen,dengan memberikan kualitas produk yang baik kepada konsumen
Ó Memberikan pelayanan prima kepada semua konsumen
Ó Menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen
Ó Meningkatkan kualitas, inovasi, Dan SDM secara terus menerus
Ó Memberikan kepercayaan kepada konsumen secara profesional
Ó Mewujudkan perusahaan yang unggul dengan memberikan kualitas, mutu, produk dan pelayanan yang baik kepada konsumen, dengan menerapkan konsep bahwa “konsumen adalah raja”.




BAB II
ASPEK PEMASARAN
       
2.1       Kelompok pelanggan sasaran

                      
batik
  Pada usaha yang sya rencanakan yaitu bisnis dalam bidang fashion, kami memilih dan menetapkan kelompok pelanggan yang menjadi sasaran adalah anak remaja, khususnya wanita. Mengapa saya memilih anak remaja yang menjadi kelompok pelanggan sasaran kami,karena anak remaja adalah seorang anak yang lagi senang-senangnya bergaul dan mempercantik diri, apalagi kaum wanita. Pada dasarnya wanita sangat senang berbelanja apalagi yang berhubungan dengan fashion, untuk mempercantik dirinya dalam bermasyarakat dikehidupan sehari-hari. Anak remaja juga sangat mudah terpengaruh oleh model dan perubahan zaman, selain itu anak remaja mudah dirayu apalagi dengan fashion yang lucu dan mampu menarik perhatian anak remaja. Anak remaja juga seseorang yang mudah bosan,dan menyukai hal-hal yang baru. Untuk itu dalam hal ini, kami memilih anak remaja sebagai kelompok pelanggan sasaran usaha/bisnis yang akan di jalankan.
                                                                                                                                     
2.2      Waktu beroperasi

                        Untuk waktu beroperasi, saya memilih beroperasi mulai dari pukul 10.00 WIB s.d pukul 23.00 WIB,dan untuk waktu beroperasi yaitu setiap hari mulai dari senin s.d minggu. Dalam hal ini saya berfikir untuk memberikan waktu khusus dalam beroperasi yaitu pada hari sabtu dan minggu, saya juga berfikir untuk menambahkan waktu beroperasi mulai dari pukul 10.00 WIB s.d pukul 24.00 WIB.

2.3    Marketing MIX

            2.1.1  Product (produk)
Produk yang saya jual berupa “Fashion” yaitu pakaian yang merupakan kebutuhan primer bagi setiap konsumen karena dapat mempercantik dan memperindah konsumen yang memakainya.
Selain itu produk yang sya jual ini memiliki fungsi yang dapat melindungi tubuh kita dari cuaca panas dan dingin.


             


2.1.2  Price (Harga)
Dalam membuka usaha/bisnis harga adalah hal yang penting, yang harus dipertimbangkan, karena harga merupakan salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen.
Harga yang ditetapkan dalam produk ini sekitar Rp.25.000,00 sampai dengan Rp.300.000,00, karena pasti berbeda cara pembuatanya,bahan kain dan juga bagaimana model yang dibuatnya mempengarui harga yang ditetapkan, dan juga bagaimana kemampuan konsumen dapat membeli produk ini dengan pendapatan yang diperoehnya.

              2.1.3  Promotion (Promosi)
                          Promosi sangatlah penting untuk mendukung dan membantu penjualan sebuah produk, dengan cara promosi konsumen dapat lebih tahu bahwa di perusahaan tersebuat terdapat produk yang bagus dan baik, sehingga dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan.
                          Promosi dapat dilakukan melalui iklan di TV, siaran di Radio,Internet, media sosial dll yang dapat membantu mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk tersebut. saya melakukan promosi lewat iklan karena banyak sekali orang/masyarakat yang memiliki Televisi sehingga promosi yang perusahaan buat dalam iklan dapat lebih mudah dilihat oleh konsumen.

              2.1.4  Place ( Tempat )
                          Dalam menjalankan sebuah usaha, lokasi sangat mempengaruhi, untuk itu dalam hal ini, kami memilih lokasi usaha di tengah-tengah pasaran. Yaitu di salah satu pasar modern. Mengapa saya memilih lokasi di pasar dan tepatnya pasar modern, karena kebnyakan anak remaja mempunyai rasa gengsi yang tinggi,dan mereka selalu mencari tempat yang bernilai dan terkesan modern. Apalagi anak remaja adalah anak yang senang bergaul dan berbelanja di tempat pasar modern. Karena bagi mereka berbelanja di pasar modern lebih memberikan nilai tersendiri untuk mereka,dan gengsi tinggi. Serta memberikan nilai khusus dan pandangan khusus dari orang lain kepada orang-orang yang berbelanja di pasar modern, apalagi pasar modern ternama. Oleh karena itu untuk bisnis fashion saya memilih pasar modern sebagai lokasi usaha saya, khususnya untuk para remaja yang menyenangi belanja.
BAB III
ASPEK PRODUKSI

3.1    Proses produksi
·        Bahan Baku
Bahan baku yang digunakan dalam proses produksi pembuatan pakaian ini adalah :
-          Kain
-          Benang
-          Jarum

·        Bahan pelengkap


-          Kancing
-          Sleting
-          Aksesoris

-          Renda
-          Pita
-          Dsb


·        Proses pembuatan
Dalam membuat sebuah pakaian kita perlu membuat langah-langkah bagaimana cara pembuatan pakaian diantaranya :
1.      Buat pola pakaian
2.      Gunting pola yang telah dibuat
3.      Jahit dengan mesin
4.      Gambar motif yang diinginkan
5.      Hiasi dengan aksesoris atau bahan-bahan pelengkap lainnya

3.2    Alat yang dipergunakan
            Alat yang dipergunakan dalam proses produksi ini diantaranya adalah :
Ø  Mesin jahit
Ø  Jarum
Ø  Gunting
Ø  penggaris

3.4    Pemasangan sarana penunjang   
Pemasangan sarana penunjang ini biasanya berupa instalasi listrik, air (PDAM), telepon, internet.
No.
Jenis Biaya
Jumlah Biaya
1.
Pemasangan instalasi Listrik
 Rp. 1.000.000,00
2.
Pemasangan instansi telepon
             Rp.     300.000,00
3.
Pemasangan instalasi internet
             Rp.     200.000,00
  
BAB IV
SUMBER DAYA MANUSIA


4.1    Rencana SDM

            SDM yang diperlukan dalam menjalankan usaha ini sekitar 17 orang, yang memiliki keahlian dalam bekerja khususnya melayani konsumen yang sering membeli barang fashion, karena sasaran dalam usaha ini adalah kalangan remaja.

4.2    Jumlah SDM yang dibutuhkan

            Agar usaha ini berjalan dengan lancar kami memerlukan SDM sekitar 17 orang yaitu untuk :
·        Dua orang untuk perancang busana/desain
·        Dua orang bagian promosi
·        Dua orang pramuniaga
·        Satu orang manager keuangan
·        Sepuluh orang bagian produksi

4.3    Gaji SDM Perbulan

·        Perancang busana
 Rp  2.500.000,00
2 orang
Rp   5.000.000,00
·        Bagian promosi
 Rp  1.800.000,00
2 Orang
Rp   3.600.000,00
·        Pramuniaga
 Rp  1.000.000,00
2 Orang
Rp   2.000.000,00
·        Manager keuangan
 Rp  2.000.000,00
1 Orang
Rp   2.000.000,00
·        Bagian produksi
 Rp  1.000.000,00
10 Orang
Rp 10.000.000,00


4.4    Persyaratan menjadi SDM

^  Umur 20-40 tahun
^  Minimal Lulusan SLTP
^  Memiliki sikap yang baik dan ramah
^  Memiliki keahlian dalam bekerja
^  Dapat bekerja dengan baik
^  Mengerti dan mengetahui keinginan konsumen

BAB V
ASPEK KEUANGAN


5.1    Rencana Modal

Modal yang diperoleh dalam menjalankan usaha ini yaitu pinjaman dari Bank BNI yang senantiasa memberikan pinjaman modal untuk berdirinya usaha ini, selain pinjaman dari Bank modal ini juga diperoleh dari uang sendiri.
            Modal yang diperlukan sekitar Rp. 100.000.000,00 untuk membantu memperlancar berdirinya usaha ini.


5.2    Pendapatan

Apabila produk ini terjual perhari sebanyak 100 pakaian yang harganya Rp.25.000,00 & 100 Pakian Yang harganya Rp 60.000,00 maka pendapatan yang di peroleh adalah :
            100 X Rp. 25.000,00                        = Rp.     2.500.000,00/hari
            100  X Rp. 60.000,00                        = Rp.     6.000.000,00/hari
Apabila perbulan adalah :
            26 X Rp. 8.500.000,00                      = Rp. 221.000.000,00/bulan

5.3    Pengeluaran

            Biaya pengeluaran perbulan :
-          Pengeluaran Bahan baku                             = Rp.100.000.000,00
-      Beban :
·        Listrik,telpon,internet                      = Rp.   1.500.000,00
·        Promosi                                              = Rp.   1.000.000,00
·        Gaji pegawai                                      = Rp. 21.000.000,00
·        Sewa bangunan 1 Bulan                   = Rp.  10.000.000,00
   RP. 147.000.000,00

5.4    Laba Rugi
Untuk menghitung laba rugi yaitu “Pendapatan-Pengeluaran” Rp.221.000.000,00 – Rp. 147.000.000,00 = Rp. 74.000.000,00                       
BAB VI
KESIMPULAN


            Dalam membuka usaha/bisnis ini kita harus mempunyai planning terlebih dahulu. Agar usaha kita nanti akan berjalan dengan baik dan sukses. Selain itu dalam mendirikan usaha ini kita harus mengetahui dan menguasai produk yang akan di tawarkan dan di jual. Dalam usaha ini kita juga harus menguasai ilmu dalam berbisnis, agar usaha kita dapat berdiri dengan baik, maka sebelum membuka usaha, kita harus menentukan lokasi dan sebuah usaha apa yang akan di tekuni. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan kapan akan mulai beroperasi. Dan tentukan siapa kelompok pelanggan sasaran yang menjadi target.
            Dalam hal ini kita juga harus menetapkan harga, serta cara penjualan barang, apakah itu secara langsung atau tidak langsung. Menempatkan usaha di salah satu pasaran atau di tempat lokasi yang di anggap cukup menguntungkan jika membuka usaha di sana. Serta bagaimana cara memperkenalkan produk dan usaha kita kepada konsumen,apakah itu dengan promosi atau tindakan yang lainnya. Dan membuat strategi bagaimana membuat produk dengan baik kepada konsumen.
            Dapat di simpulkan dalam membuka dan mendirikan usaha kita harus mempunyai planning serta strategi pemasaran dan penjualan. Serta mempertimbangkan beberapa aspek dan informasi yang harus di ketahui dan di pertimbangkan oleh calon pengusaha.


























Comments