Serat Rami

Pohon Rami
         SERAT Rami Tanaman rami (Boehmeria nivea) merupakan tanaman tahunan yang mudah tumbuh dan berkembang baik di daerah tropis.  Rami merupakan tanaman yang serba guna. Daunnya merupakan bahan kompos dan pakan temak bergisi tinggi, pohonnya baik untuk bahan bakar, tetapi yang paling bernilai ekonomi tinggi adalah serat dari kulit kayunya
Serat rami ini merupakan bahan yang dapat diolah untuk kain fashion berkualitas tinggi dan bahan pembuatan selulosa berkualitas tinggi (selulose α). Selulosa α berkualitas tinggi merupakan salah satu unsur pokok pembuatan bahan peledak dan atau propelan (propellant) yaitu isian dorong untuk meledakkan peluru. Kayu dan serat rami dapat diolah menjadi pulp berkualitas tinggi sebagai bahan baku pembuatan aneka jenis kertas berharga.
        Tanaman rami juga sangat baik ditanam di lahan gundul atau di lereng ketinggian yang memiliki kemiringan besar.Karena rami tumbuh dari tunas akar sehingga dapat tumbuh dan berkembang biak berumpun dengan cepat seperti halnya bambu. Oleh karena itu tanaman rami sangat efektif untuk menahan erosi. 
          Bentuk Serat Rami
. Serat rami panjangnya sangat bervariasi dari 2,5 cm sampai dengan 50 cm dengan panjang rata-rata 12,5 cm sampai dengan 15 cm. diameternya berkisar antara 25 µ sampai dengan 75 µ dengan rata-rata 30 – 50 µ. Bentuk memanjang serat rami seperti silinder dengan permukaan bergaris-garis dan berkerut-kerut membentuk benjolan-benjolan kecil. Sedangkan irisan lintang berbentuk lonjong memanjang dengan dinding sel yang tebal dan lumen yang pipih, seperti terlihat pada gambar.
 
Membujur Bentuk memanjang seperti silinder dengan permukaan bergarisgaris dan berkerut-kerut membentuk benjolan-benjolan kecil.
 
Melintang Bentuk lonjong memanjang dengan dinding sel yang tebal dan lumen yang pipih. Ujung sel tumpul dan tidak berlumen.

Sifat fisika serat rami dalam keadaan standar adalah sebagai berikut :
v Kekuatan              : 33 – 99 gr/tex rata-rata 67 – 78 gr/tex
v Mulur                    : 2 – 10 % rata-rata 3 – 4 %
v Kehalusan             : 0,5 – 1, 16 tex rata-rata 0,66 – 0,77 tex
v Moisture regain    : 12 %
v Berat jenis                        : 1,50 – 1,55 rata-rata 1,51

1.1.2.1  
Karakteristik serat rami
Serat rami mempunyai kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan serat kapas (Tabel 1). Kelebihannya adalah serat lebih panjang, kekuatan lebih besar, daya serap air juga lebih besar. Serat rami yang dicampur dengan serat sintesis (polyester dan rayon) dan dijadikan kain, apabila dipakai akan terasa dingin, tahan kusut, dan mudah menyerap keringat. Berdasarkan sifat yang dimiliki, dalam batas tertentu serat rami dapat digunakan sebagai suplemen serat kapas untuk bahan campuran poliester. Akan tetapi serat rami lebih kasar dan daya  mulur lebih rendah dibandingkan karakter 169 yang dimiliki serat kapas. Oleh karena itu dalam sistem pemintalan untuk dibuat benang atau tekstil, campuran antara serat rami dan serat kapas atau bahan baku tekstil yang lain seperti poliester dan rayon dengan menggunakan perbandingan tertentu adalah untuk memadukan sifat kelebihan dan kekurangan serat rami dengan serat kapas atau serat bahan baku tekstil yang lain. Biaya pengolahan mulai dari blowing dalam proses pemintalan, kemudian proses pertenunan, dan selanjutnya untuk proses penyempurnaan kain praktis sama dengan biaya pengolahan serat campuran poliester-kapas (Suratman et al., 1993).
1.1.2.2  Mutu serat Rami
            Keunggulan serat rami dibanding serat kapas adalah :
a.       Memiliki kekuatan tarik (Tensile Strength) lebih besar dari serat kapas
b.      Daya serapnya (Absorbancy) tinggi hingga 12 % sedang serta kapas hanya 8 %
c.       Memiliki warna dan kilap yang lebih tinggi
d.      Lebih cepat kering
e.       Daya tahan kusutnya lebih baik dari pada kapas.
1.1.2.3  Sifat Kimia serat rami :
·    Pengaruh asam. Serat rami dapat turun kekuatannya atau rusak dalam beberapa kondisi Asam kuat. Adanya asam akan menghidrolisa selulosa menghasilkan Hidroselulosa.
·       Pengaruh Alkali. Serat rami tahan terhadap Alkali, larutan alkali encer tidak mempengaruhi serat meskipun pada suhu mendidih apabila tidak ada udara. Oksigen dari udara dapat menyebabkan terjadinya Oksiselulosa.
·       Pengaruh Panas. Serat rami mempunyai ketahanan yang baik terhadap panas. Warna serat akan berubah kekuning-kuningan bila dipanaskan pada suhu 1200C selama ± 5 jam. Sedangkan dalam waktu beberapa menit dengan suhu 2400C serat akan rusak.
·       Pengaruh Bakteri dan Jamur
·       Serat rami sangat tahan terhadap bakteri dan jamur.
1.1.2.4  Multifungsi kegunaan dan manfaat dari Tumbuhan Rami
      Kegunaan dari tumbuhan rami : kain, sabun, minyak lampu, kertas, dupa, dan obat-obatan yang diproduksi. Biji rami mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan bagi kesehatan. Minyak dari biji rami memiliki persentase tertinggi dari asam lemak esensial dan persentase terendah lemak jenuh.
  Proses dekortikasi menghasilkan limbah rami yang sangat baik untuk pupuk organik ( kompos). Setelah mengalami bio proses, pupuk organik dari batang rami tersebut dapat digunakan untuk pemupukan tanaman. Di samping tanaman rami itu sendiri kelebihannya dapat digunakan untuk tanaman hortiku-tura atau tanaman perkebunan lainnya. Kegunaan batang rami yang lain adalah sebagai bahan baku pulp (kertas), Pulp ini dapat digunakan sebagai substitusi serat panjang untuk membuat kertas tulis, kertas fotocopi, serat rami juga dapat dikembangkan untuk kertas khusus seperti kertas saring teh celup, kertas dasar stensil, kertas rokok, dan kertas yang memerlukan ketahanan (security papers), daya simpan yang lama seperti kertas uang, kertas surat berharga, kertas dokumen, dan kertas peta. Bahan baku particle board serta mempunyai kandungan cellulosa yang cukup baik untuk dijadikan bahan baku propelant double base (bahan baku isian dorong peluru).
 Daunnya merupakan bahan kompos dan pakan ternak bergizi tinggi. Pohonnya baik untuk bahan bakar, tetapi yang paling bernilai ekonomi tinggi adalah serat dari kulit kayunya. Hampir semua bagiannya dapat digunakan. Daun dan pucuk tanaman, adalah pakan ternak ruminansia (kambing, domba, sapi, kerbau), dengan nilai gizi tinggi.
Dengan substitusi serat rami, rompi anti peluru para anggota TNI, bisa berharga lebih murah, sekaligus lebih ringan ketika dipakai,
Dari daun muda dapat dibuat "teh rami" yang memiliki rasa yang khas dan bermanfaat untuk kesehatan (anti oksidan).
1.1.2.5  Pengolahan tanaman Rami
 Rami dipanen pada umur sekitar 6 bulan sejak tanam. Yang dipanen adalah batangnya, dengan cara dipangkas di bagian pangkal. Dengan budidaya yang baik, tinggi batang rami bisa mencapai 2 m, dengan diameter batang sekitar jari orang dewasa. Karena tanaman ini berizoma (menumbuhkan anakan), maka rumpun rami bisa dipanen terus-menerus antara 5 sampai dengan 6 tahun. Baru kemudian dibongkar, untuk dirotasi dengan tanaman lain.
Tahapan Pengolahan :
1. Dekortikasi yaitu memisahkan kulit rami dari batangnya
2. Degumming yaitu menghilangkan sisa-sisa gum dan pektin yang masih menempel   pada serat, dapat dilakukan dengan cara kimia
3. Pemutihan serat dapat dengan bahan pemutih:biasanya menggunakan senyawa klorin (ca-hipoklorit atau na-hipoklorit) atau hidrogenperoksida (H202) www.themegallery.com
4. Pelurusan serat dengan bantuan alat brushing machine,
5. Pemotongan serat memotong serat rami menjadi sepanjang serat kapas atau polyester lainnya.
6. Penguraian bundel serat diuraikan menjadi serat seperti serat kapas, pada tahap ini serat rami baru dapat dipintal atau dicampur dengan serat lainnya.www.themegallery.com
Detail pengolahan rami :
v  Pada umumnya cara pemisahan rami yaitu batang rami yang dipanen, segera dibersihkan dari daun dan pucuknya dibuang. Setelah dibersihkan daunnya, batang rami dikupas kulitnya. Caranya, batang rami digaris memanjang menggunakan ujung pisau, lalu kulit dibuka dan ditarik. Proses ini disebut dekortikasi, dan bisa dilakukan secara manual, maupun masinal (dengan mesin). Kayu rami kemudian dijemur sebagai kayu bakar, untuk pulp (bubur kertas), bahkan bisa diolah menjadi Nitro Selulosa, sebagai bahan amunisi (mesiu). Kulit rami hasil dekortikasi, harus segera diolah lebih lanjut, dijemur, atau diberi threatment, agar tidak tercemar bakteri atau kapang. Sebab kulit rami sangat peka busuk, yang berakibat rusaknya serat. Serat rami mentah hasil dekortikasi ini disebut China Grass..
v  Kemampuan menyerap air pada serat rami lebih tinggi dibanding serat  Serat kapas, sehingga serat rami lebih mudah menyerap keringat. mengandung lignin. Terdapatnya lignin mengakibatkan serat menjadi berwarna kecokelatan bila diterpa sinar matahari dalam waktu yang lama, sehingga bila dipakai untuk bahan tekstil perlu diputihkan.www.themegallery.com
v  Tujuan proses degumming ialah PROSES DEGUMMING PADASERAT RAMI KASAR untuk menghilangkan sebanyak mungkin senyawa gum yang masih ada di antara helaian serat rami. Pada serat rami kasar kandungan gum nya berkisar  Proses degumming biasanya dilakukan dengan cara memasak antara 25-30% china grass dengan larutan alkali selama beberapa jam. Cara degumming ada beberapa macam, antara lain menggunakan NaOH 0,5%, Na2C03, Na-tripolifosfat 3% serta bahan pembasah (teepol) sebanyak 3% www.themegallery.com
v  Proses ini ditujukan untuk PEMUTIHAN PADA SERAT HASILPROSES DEGUMMING membuat serat setelah proses degumming masih berwarna kekuning-kuningan  Sampai saat ini, proses pemutihan menjadi putih seperti kapas. Dilaksanakan dengan cara merendam serat setelah proses degumming dengan senyawa klorin (Ca-hipoklorit atau Na-hipoklorit) atau hidrogen peroksida (H202). Perendaman ini diikuti dengan pemanasan pada suhu 50°C selama 1 jam,kemudian baru dicuci dan dikeringkan. Serat rami hasil deguming ini, masih harus diproses Softening, yakni proses pelepasan dan penghalusan. Proses ini bisa dilakukan secara kimia maupun mekanis. Proses softening diperlukan agar serat rami bisa dipintal dan ditenun. Proses terakhir adalah Cutting dan Opening, untuk memisah serat rami menjadi dua macam. Serat panjangnya disebut Rami Top, dan serat pendeknya Staple Fibre. Dengan dihasilkannya dua produk ini, berakhirlah proses pengolahan kulit batang rami, hingga menjadi serat yang siap pintal dan tenun. www.themegallery.com
v  Namun Serat yang dihasilkan berwarna putih seperti kapas dan mengkilat. perlakuan pemutihan serat ini dapat berpengaruh pada kekuatan serat. Penggunaan bahan pemutih terlalu banyak dapat menurunkan kekuatan serat.www.themegallery.com

Comments

  1. tolong hub saya di wa/ telp di 0822 19 144 099... saya butuh benang atau tali rami 100%

    ReplyDelete

Post a Comment